Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020
"Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020"
70 min read
Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020 |
Ruang Belajar-Tutorial. Sahabat Yang Berbahagia Dalam Keadaan Pandemi Covid-19 Ruang Belajar Tetap Selalu Semangat Dan Setia Memberikan Informasi Yang Dapat Sahabat Jadikan Bahan Referensi. Di Kesempatan Ini Ruang Belajar Akan Share Mengenai Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020. yang di kutip dari Buka Info
Alur Penerimaan Sekolah Kedinasan 2020
Hal Hal Yang Harus Disiapkan
Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
5. Pelamar memasukkan Nilai
6. Pelamar melengkapi Biodata
7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah:
1. Klik Registrasi dan akan tampil seperti berikut:
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Masukan kode captcha yang terlampir
5. Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.
6. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :
a) Nama Tanpa Gelar Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
b) Tempat Lahir Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
c) Tanggal Lahir Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
d) Jenis kelamin Pilih jenis kelamin yang sesuai
e) E-mail Masukan e-mail aktif dan valid
f) Password Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
g) Konfirmasi Password Masukkan kembali password telah Anda masukan
h) Pertanyaan Pengaman 1 Pilih pertanyaan pengaman Anda
i) Jawaban Pengaman Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
j) Pertanyaan Pengaman 2 Pilih pertanyaan pengaman Anda
k) Jawaban Pengaman Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
l) Captcha
m) Masukan kode captcha yang tampil di layar
7. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
8. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.
9. Selanjutnya Klik Lanjutkan
10. Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2020 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.
11. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk from berikutnya
Login ke portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol Login yang tertera di sudut kanan atas
2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta seperti gambar di bawah ini :
a. Upload Swafoto Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar di bawah ini:
Klik tombol Choose File cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb
b. Mendaftar Formasi
1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
2) Klik tombol Pilih
3) Pilih pendidikan terakhir Anda saat ini
4) Pilih Jurusan yang tersedia
5) Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
6) Pilih Lokasi Test yang tersedia
7) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada
8) Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
9) Isi Tahun Lulus
10) Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
11) 11) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
12) Isi kode captcha yang tampil
13) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol Selanjutnya Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti gambar di bawah ini:
c. Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
d. Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
Data Diri Pelamar:
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
e. Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat
mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol Lihat
Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status okumen telah diunggah atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya
f. Resume
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang Ö pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol Iya dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun,Dan
Cetak Kartu Pendaftaran akan tampil. Bila pelamar klik tombol
Cetak Kartu Pendaftaran akan tampil Kartu Pendaftaran seperti gambar di bawah ini.
Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Berikut Ini Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Terbaru Tahun 2020 Saya Lampirkan di Bawah ini sahabat dawnload disini
Sekian yang dapat Ruang Belajar share kepada sahabat sekalian semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian.